Meraup Dollar dari Youtube


Siapa saja bisa menjadi YouTuber. Ya, siapa saja termasuk Anda, adik bayi, juga kakek Anda. Tergantung konten apa yang ditampilkan, semua orang bisa menjadi terkenal lewat YouTube. Namun untuk menjadi terkenal, sebelumnya Anda perlu eksis dulu di YouTube.

Selain menjadi terkenal, ada keuntungan lain yang bisa Anda peroleh menjadi seorang YouTuber, yakni uang! Ya, jika jumlah audiens Anda sudah lumayan banyak, biasanya pengiklan sangat suka dengan keramaian. Sebuah iklan umumnya muncul pada video-video yang memiliki jumlah views nya banyak, yakni ribuan viewers.

Saat Anda membuka situs YouTube, biasanya ada iklan yang tampil diawal video atau pada bagian side bar layar. Setiap kali audiens Anda mengklik iklan tersebut, Anda akan menerima uang dari jumlah views iklan tersebut.


Nah, untuk me-monetize video You Tube milik Anda, Anda bisa memanfaatkan Google Adsense. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak view akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Namun, bila Anda belum mendapatkan undangan tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense dan pastikan Anda mengaktifkan monetisasi pada akun You Tube Anda.

Ingat, kunci keberhasilan dalam YouTube adalah kreativitas. Jadi, semakin tinggi kreativitas Anda, audiens Anda juga akan semakin banyak.

7 Basic Step Dapatkan Dolar di YouTube

Step 1 : Set up dan buat kanal YouTube


Step 2 : Upload video


Step 3 : Dapatkan audience atau penonton


Step 4 : Monetisasi video Anda


Step 5 : Setting Google AdSense


Step 6 : Cek Analytics kanal Anda


Step 7 : Sebarkan kanal via media sosial lain



Tips Membuat Video
  • Dalam membuat video, tentukan jenis konten apa yang ingin Anda sajikan. Sebaiknya konten Anda bersifat original dan berhubungan dengan hobi atau kegemaran Anda. Sebagai contoh, film pendek, tutorial, music cover, parodi pendek, dan sebagainya. Jika Anda ingin me-monetize video Anda, perhatikan hak cipta dalam hal ide yang orisinil dan musik background yang digunakan. Jangan sampai Anda melanggar hak cipta orang lain. Perhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku.

  • Untuk menghasilkan sebuah video yang bagus. Anda tidak perlu menggunakan perangkat yang mahal. Namun, Anda bisa memanfaatkan barang yang ada disekitar Anda. Salah satunya dengan menggunakan kain sebagai background atau monopod.

  • Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat. Anda bisa mempergunakan software moviemaker atau software lainnya agar video Anda memiliki resolusi yang baik dan tampilan yang jelas.
  • Agar viewer tidak merasa bosan, sebaiknya jangan membuat video dengan durasi yang terlalu lama. Waktu 4 - 5 menit sudah cukup untuk membuat video Anda.

  • Tambahkan teks untuk judul video Anda dan musik latar agar video Anda semakin menarik.

  • Tampilkan link subscribe channel Anda dan beberapa video milik Anda lainnya pada akhir video yang sedang diputar agar audiens Anda mengetahui dan ingin mengklik video tersebut.

Tips Membuat Channel

Dalam membuat channel YouTube, buatlah nama channel yang memiliki daya tarik dan meyakinkan, serta berikan informasi yang jelas mengenai channel Anda. Anggaplah Channel Anda merupakan Channel TV milik Anda sendiri.

Tips Banyak Audiens
  • Follow dan mention You Tubers terkenal yang memiliki genre yang sama dengan Anda. Contohnya, jika Anda menyukai music cover, sebaiknya Anda melakukan mention pada artis yang menyanyikan lagu aslinya. Dengan begitu, video Anda akan dilihat banyak orang yang juga memfollow artis tersebut.

  • Bergabung dengan komunitas di YouTube.

  • Tetaplah konsisten menghasilkan video yang menarik dan kreatif.

  • Gunakan tag yang tepat sehingga video Anda dengan mudah dapat dicari oleh orang.

  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lain.

  • Berinteraksilah dengan pengunjung video Anda dengan memberikan komentar dan jawaban atas pertanyaan yang mereka lontarkan.

Tips Monetize

Jika jumlah viewers Anda sudah mencapai angka yang menakjubkan, Anda bisa me-monetize video Anda dengan cara menyisipkan produk sponsor dalam video. Anda bisa meletakkan produk sponsor di sekitar Anda (product placement). Misalnya menampilkan minuman, barang, baju, gadget, atau produk sponsor lainnya di salah satu adegan video.

Cara Mendaftar Google Adsenese

1. Membuat akun Gmail.

2. Upload 3-4 video ke YouTube. Jangan lupa memberikan judul video dan deskripsinya.

3. Aktifkan Monetization (klik Settings > Monetization > Enable My Account)


4. Ikuti langkah-langkah tersebut sampai On Monetization, setelah itu kembali ke pengelola Video dan beri centang pada daftar Video, klik monetisasi. Lalu klik “How will I be paid” dan klik link “associate an AdSense account”.


5. Anda akan dibawa masuk ke pendaftaran Google Adsense dan lakukan login dengan akun Anda.


6. Anda akan diminta melakukan pengisian Formulir pendaftaran, lakukan pengisian dengan benar dan klik “Submit my application”.

7. Berikut contoh e-mail masuk jika Permohonan Anda diterima:


8. Berikut ini tampilan video manager setelah mengaktifkan monetization.


Keterangan:

Tombol $ berwarna hijau terang: video sudah berhasil di-monetize
Tombol $ berwarna hijau kelabu: video masih menunggu review untuk di-monetize
Tombol $ berwarna putih: video belum di-monetize. Untuk memonetize, beri centang video lalu klik menu Actions dan klik Monetize.



Sumber: CHIP Magazine

0 Response to Meraup Dollar dari Youtube

Posting Komentar