NETFLIX : Nonton Film Tak Harus via TV


Bagi para penggemar nonton film, pasti akan bergembira. Pasalnya, ada aplikasi untuk nonton film apa saja dan darimana saja, aplikasi ini baru saja masuk ke Indonesia.

Aplikasi tersebut adalah Netflix. Netflix merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk menonton film drama, action, romantis, dan TV Show favorit. Pengguna bisa menikmatinya dimana saja, dan kapan saja, serta melalui media apa saja, seperti ponsel, tablet, PC, SmartTV, dan juga laptop. Dengan harga berlangganan yang cukup murah.

Selain Tiongkok, Netflix kini memperluas layanannya ke seluruh dunia. Sekarang, ada 130 negara baru yang kini sudah bisa menikmati film dan TV show secara streaming. Nah, Indonesia termasuk di dalamnya. Bagi yang penasaran, Netflix memberikan masa percobaan gratis selama sebulan bagi penggunanya. Buruan unduh aplikasinya di Appstore atau Playstore.

User Interface

Tampilan user interface Netflix seperti berada di toko DVD. Dengan tulisan Netflix yang berwarna merah dengan background hitam pada bagian atas. Di halaman utama sudah terpampang banyak judul film yang bisa Anda pilih untuk ditonton. Tak hanya film-film untuk remaja, untuk anak kecil pun ada.

Tak hanya judul film yang didisplay, serial TV untuk anak kecil juga ada. Seperti Larva, Angry Birds Toons, Papa Pig, dan masih banyak lagi.

Di pojok kanan atas, ada tombol search, untuk memudahkan Anda mencari berdasar Judul, Artis, atau Genre dan lainnya.

Juga ada tombol tersembunyi, yang diberi icon garis yang tersusun tiga. Jika Anda ingin melihat profil Anda, setting, account, dan berbagai macam kategori genre film, tinggal klik saja. Uniknya, profil pengguna digambarkan dalam bentuk kotak berwarna hijau pastel, dengan dibubuhi icon senyum.

Fitur

Untuk fitur, Netflix dilengkapi dengan fitur Who’s Watching. Pada fitur ini pengguna bisa memilah-milah film apa saja yang bisa ditonton berdasarkan usia. Kalau untuk anak-anak, tinggal klik profil Kids, maka film-film yang tersaji, adalah film anak-anak.

Dan genre film anak-anak dikelompokkan kembali berdasar kategori, seperti kategori film yang populer ada Larva, Berbie, Alvin 3, dan lain-lain. Kategori Action ada film Pacman, Journey 2, Transformer, dan lain-lain. Selebihnya ada Kategori Adventure, Funny, Animated, Watch with the Family, Friends, From Books, dan Talking Animals. Jadi Netflix ini cukup aman untuk anak-anak. Namun tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Jika sudah berlangganan, pengguna bisa merubah paket dan tarif berlangganan. Klik fitur account, pada menu tersembunyi di pojok kiri atas. Pada halaman tersebut pengguna akan diberikan informasi paket-paket berlangganan beserta tarifnya. Paketnya ada Basic 109.000, Standard 139.000, dan Premium 169.000. Perbedaan harga paket terlihat pada kualitas resolusi film dan jumlah perangkat yang bisa digunakan secara bersamaan dalam satu akun.

Untuk awal Netflix memberikan fasilitas gratis selama satu bulan. Meskipun gratis, saat mendaftar pengguna tetap harus mendaftarkan nomor kartu kreditnya. Setelah selesai mendaftar, notifikasi akan dikirim ke email pengguna.


Kinerja

Pastikan layanan koneksi internet Anda stabil, karena koneksi internet juga mempengaruhi kenyamanan Anda dalam menonton. Saat menguji Netflix, semua berjalan dengan sangat baik dan lancar. Film yang dipilih saat itu adalah The Dark Night Rises dan Kungfu Panda 2. Tampilan gambar sangat bening, jelas, tidak ada hambatan.

Paket yang diambil saat itu adalah paket premium dengan memberikan kualitas Ultra HD, bisa menonton film di empat perangkat, secara bersamaan, hanya dengan menggunakan satu akun. Saat menguji ponsel yang digunakan adalah Nexus 5. Jadi terasa wajar jika film yang ditampilkan sangat bagus kualitasnya.

Inovasi

Sebuah inovasi yang sangat menarik. Melihat dari penggunaan internet yang sudah meluas. Aplikasi Netflix hadir untuk memberikan fasilitas yang memudahkan penggemar film untuk menonton. Cukup melalui Netflix, film apapun ada, dan tinggal berlangganan lalu menonton semua koleksi film yang ada. Tanpa perlu membeli DVD di gerai yang menjual film-film. Dengan kualitas yang baik, jadi tak kuatir saat film sedang dinikmati mengalami gangguan, selama koneksi internet Anda stabil.

Daya Saing

Merupakan daya saing bagi layanan streaming yang menyediakan fasilitas menonton film. Karena dengan menggunakan Netflix, hanya dengan berlangganan secara bulanan, pengguna sudah bisa menonton film apa saja, tidak diberi batasan, dari film drama, komedi, romance, anak-anak dan keluarga, dan lain-lain. Semua tinggal dipilih sesuai dengan keinginan.

Langkah-langkah


1. Pastikan koneksi internet Anda stabil dan tidak memiliki kuota yang limited

2. Masuk halaman utama, yang sudah tersedia berbagai film dengan bermacam-macam genre.

3.Pilih film apa yang ingin Anda tonton. Cukup klik Judul Cover filmnya.

4. Masuk halaman berikutnya, berisi tentang Judul Film, tahun release, film tersebut untuk usia berapa, film tersebut mendapat berapa bintang, nama-nama pemeran dan director. Apakah ingin dimasukkan dalam daftar list Anda, dan film-film yang di rekomen untuk ditonton.

5. Kemudian klik tanda Play, film diputar, dan Anda siap untuk menikmati film pilihan persembahan Netflix.

6. Anda bisa share film yang ditonton ke Facebook, Twitter, dan akun sosial chat seperti WhatsApp, BBM, BBM group, LINE, Hangouts, atau Bluetooth.

(+) Bisa menikmati banyak film tanpa gangguan iklan, dan bisa memilih sendiri film yang ingin ditonton.

(-) Harus memiliki kartu kredit untuk mendaftar Netflix; Bayar double, langganan Netflix dan internet.

Kesimpulan

Kemudahan dalam menonton film kini semakin dirasakan. Seperti Netflix, aplikasi yang memudahkan seseorang untuk menikmati layanan streaming film-film favorite, dan TV Show, dari media apa saja. Baik itu smartTV, PC, laptop, tablet, dan ponsel. Namun pengguna yang ingin menggunakan Netflix harus punyak kartu kredit dan layanan internet yang stabil serta tak terbatas. Dengan variasi harga berlangganan yang ditawarakan dan bisa menikmati begitu banyak koleksi film dari berbagai genre, masih terbilang murah bagi penggila film.


Sumber: SINYAL Magazine 

0 Response to NETFLIX : Nonton Film Tak Harus via TV

Posting Komentar