Solusi Facebook Android Bikin Boros Baterai


Baterai ponsel Anda terasa boros? Coba periksa apakah Anda menggunakan aplikasi Facebook? Jika iya, bisa jadi hal ini yang membuat baterai boros. Kok bisa? Dalam beberapa kasus, aplikasi Facebook memang ditengarai sebagai salah satu penyebab dari gejala tersebut. Dan untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk menghapusnya. Ada tiga alasan pokok mengapa sebaiknya Anda menghapus aplikasi Facebook for Android:

1. Boros baterai

Facebook diklaim menggunakan konsumsi daya baterai yang cukup besar sehingga di beberapa kasus membuat baterai ponsel menjadi lebih boros. Jika kapasitas baterai Anda terbilang kecil, menghapus aplikasi ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat penggunaan baterai.


2. Facebook versi mobile (browser) tidak kalah bagus

Selain melalui aplikasi, Facebook juga bisa diakses melalui peramban. Dengan tampilan versi mobile tersebut, ternyata kemampuannya tidak kalah dengan versi aplikasinya. Melalui peramban (terutama Google Chrome), penggunaan konsumsi daya jauh lebih rendah. Membuka melalui peramban, setelah melakukan login akun, Chrome akan menanyakan apakah Anda ingin menerima push notification langsung dari Facebook. 

Jika fungsi ini diaktifkan, otomatis Anda akan selalu mendapatkan notifikasi meski sedang tidak menggunakan peramban. Namun ada pula beberapa fungsi yang tidak berjalan di Facebook versi mobile, di antaranya yaitu Instant Articles dan Auto-like post.


3. Kinerja ponsel akan meningkat

Banyak kasus yang menyebutkan bahwa menghapus aplikasi Facebook, selain menghemat baterai ternyata juga meningkatkan kinerja ponsel. Terutama bagi ponsel lawas maupun yang memiliki kapasitas baterai yang kecil. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membuktikannya sendiri.

Untuk mengakses Facebook dengan cara lain, Anda bisa menggunakan melalui peramban. Kerennya lagi, Facebook versi mobile memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan versi aplikasinya, bahkan beberapa fiturnya mampu bekerja dengan baik. Jika Anda sudah yakin dengan informasi tersebut dan ingin melanjutkan tahap berikutnya, bisa mengikuti panduan yang kami tunjukkan berikut ini.

Cara menghapus aplikasi Facebook di Android


Setelah mengetahui segala kendala yang ditimbukan aplikasi Facebook, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut. Pada sebagian besar aplikasi di Android terbaru, Anda bisa menghapusnya dengan cara menekan ikon Facebook yang lama dan menggesernya ke ikon tempat sampah, untuk kemudian pilih Uninstall. Untuk bebrapa ponsel lain, caranya bisa sedikit berbeda. Dan cara paling umum adalah dengan masuk ke Setting>Apps, pilih Facebook dan Anda tinggal menekan Uninstall. Jika tidak terdapat tombol Uninstall, biasanya dikarenakan pabrikan ponsel tersebut telah menggunakan Facebook sebagai salah satu aplikasi pre-installed mereka yang memang harus terpasang. Untuk mematikannya Anda bisa menekan tombol Disable.

Pasang shortcut Facebook versi mobile di Android

Setelah menghapus aplikasi Facebook for Android, Anda bisa menggantinya dengan shortcut Facebook menggunakan peramban dan memasangnya di Homescreen. Berikut caranya:

1. Perlu diketahui bahwa fitur notifikasi hanya akan berfungsi pada peramban Google Chrome karena peramban ini mendukung Push Notification, jadi pastikan untuk menggunakan peramban ini. Pertama-tama buka peramban ini, masuk ke Menu, tekan Setting>Site Setting>Notifications, pastikan fitur ini aktif.


2. Jalankan peramban. Arahkan ke alamat www.facebook.com (nantinya secara otomatis alamat tersebut akan menjadi https:/m.facebook.com).


3. Lakukan login menggunakan akun Facebook. Saat pertama kali mengunjungi situs tersebut, Anda akan ditanyakan bahwa Facebook akan mengirim notifikasi. Tekan Allow dan notifikasi akan muncul melalui Google Chrome.


4. Jika tidak menginginkan notifikasi, Anda bisa mengubahnya dengan menekan tombol Menu pada Chrome. Tekan Setting>Site Setting, dibawah pilihan Advanced, tekan Notifikasi, dan hapus Notification Permission dari situs m.facebook.com dengan cara menekannya dan pilih Clear & Reset.


5. Langkah berikutnya adalah menampilkan ikon Facebook dari peramban tersebut ke Homescreen. Buka peramban Chrome dan masuk ke Menu, tekan Add to Homescreen, beri nama shortcut dan tekan Add. Selesai, kini shortcut Facebook versi mobile menggunakan peramban bisa langsung Anda gunakan, dimana cara ini tidak akan menggunakan konsumsi baterai yang besar seperti pada versi aplikasinya.


Sumber : Sinyal Magazine 

0 Response to Solusi Facebook Android Bikin Boros Baterai

Posting Komentar