Assassins Creed Syndicate (PS4, XBOX ONE, PC)



Dua kepala lebih baik daripada satu kepala. Dua bersaudara Evie Frye dan Jacob Frye bersama Rooks Gang melakukan serangan untuk membebaskan kota London dari kemiskinan dan perbudakan.

Ubisoft pada tanggal 22 Oklober 2015 kembali meluncurkan salah satu game terbaiknya, yakni "Assassins Creed Syndicate". Latar belakang cerita game ini terjadi di London, pada tahun 1868 yang merupakan puncak Revoiusi lndustri di Inggris. Game ini memperkenalkan dua inventor dunia yang telah mengubah sejarah umat manusia yakni Alexander Graham Bell dan Charles Darwin. Kedua tokoh ini berkeinginan membangun kerajaan terbesar yang pernah dibuat oleh manusia karena didorong oleh peranannya sebagai pusat evolusi teknologi.

Tidak hanya karena keajaiban teknologi di jaman tersebut, alasan Ubisoft memilih era ini sebagai landasan cerita adalah pada masa tersebut keadaan London kian memburuk dengan adanya perselisihan, kemiskinan, dan perbudakan yang memaksa anak-anak menjadi pencuri atau pun harus melakukan kerja paksa di pabrik hanya demi kepentingan para pengusaha. Di ditambah lagi, dengan para templar yang lebih memihak kepada para kaum kaya sehingga ini menjadi set cerita yang sangat epic.

Gameplay

Assassin's Creed Syndicate menawarkan pengalaman bermain yang sangat jauh berbeda dengan Assassin's Creed yang sudah ada, terutama pada saat kita menjalankan sub mission. Pada "Assassins Creed" sebelumnya, pemain diharuskan untuk mengambil quest di NPC yang telah diberi tanda di dalam map. Kini sistem tersebut sudah tidak berlaku lagi di Assassins Creed Syndicate, pada saat game ini dimainkan dan mendekati suatu wilayah yang memiliki tanda quest, seketika itu juga quest tersebut langsung dijalankan tanpa harus berbincang dengan NPC terlebih dahulu, sehingga mempermudah player untuk masuk dari arah yang disukai untuk melakukan serangan.

Tak hanya itu, pemain juga dimanjakan dengan keberadaan kereta kuda dan zipline. Assassin Creed Syndicate memiliki peta yang berukuran sangat besar, sehingga untuk mencapai tujuan yang memiliki jarak yang sangat jauh, keberadaan kereta kuda ini sangat membantu pemain untuk mejelajahi kota London dengan mudah.


Terdapat sistem combat vehicle juga di dalam Assassin's Creed Syndicate. Pada saat combat vehicle, pemain akan merasakan pengalaman yang sangat berbeda. Game play yang diberikan pada saat combat vihicle benar-benar mencerminkan pertarungan di atas kuda. Beberapa contoh pertarungan yang dapat dilakukan antaranya pemain dapat melompat dari kereta kuda miliknya ke kereta kuda lawan dan melakukan assassinate pada pengendaranya; menembak kuda sehingga kereta kuda yang dikemudikan lawan terbalik atau dapat menembak pengemudinya langsung; dan pemain bisa melakukan ram, yakni menabrakan kereta pemain ke kereta lawan sampai kereta lawan hancur sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Zipline merupakan perangkat baru yang diperkenalkan Ubisoft untuk Assassin's Creed Syndicate. Fungsi Zipline sangat berguna untuk mempermudah pemain dalam melakukan aksi dalam game ini, diantaranya untuk mempermudah memanjat gedung dengan cepat, melarikan diri dari kejaran geng lawan, berpindah dari satu gedung ke gedung yang lain atau dari satu kapal ke kapal yang lain, dan tentu saja Zipline juga dapat melakukan air assassinate.

Evie Frye dan Jacob Frye

Assassin's Creed Syndicate memperkenalkan dua jagoan bersaudara Evie Frye dan Jacob Frye. Ubisoft berhasil membuat sesuatu yang menarik dimana Evie dan Jacob memiliki kemampuan yang sangat berbeda dan hal tersebut mampu menambah keseruan dalam permainan. Pemain dapat mengganti karakter sesuai dengan kebutuhan. Untuk berganti karakter pada Playstation 4, pemain cukup menekan tombol Options kemudian menekan R3.

Evie Frye merupakan tokoh karakter yang lebih mengandal kan stealth kill dan pergerakan diam-diam untuk menyerang. Stronghold lawan skill andalan Evie Frye adalah Charmeleon dan Stealth III. Skill Charmeleon membuat keberadaan Evie sangat sulit dideteksi dan membuat keberadaan Evie menghilang dari pandangan musuh selama Evie tidak bergerak. Evie juga bisa membawa throwing knives lebih banyak dibandingkan Jacob.


Lain dengan Jacob Frye, Jacob merupakan karakter combat yang tidak terlalu dirancang untuk melakukan stealth, namun Jacob memiliki fisik yang jauh lebih kuat serta mampu membuat kerusakan yang lebih besar dibandingkan Evie. Terutama disaat pemain sudah memiliki skill utama dari Jacob, yakni Mutilate II, Gunslinger II, dan Defense III, yang membuat musuh akan semakin sulit menjatuhkan Jacob terutama skill Gunslinger II yang memungkinkan Jacob untuk menembak dari blind spot sekalipun pada saat close combat terjadi.

Secara keseluruhan, penulis lebih sering menggunakan Evie untuk menjalankan misi, sebab kemampuan Evie yang tidak mudah terdeteksi dan kemampuan membawa throwing knives lebih banyak mempermudah menjalankan misi permainan. Sementara Jacob lebih banyak dimainkan untuk menjalankan event mission seperti fight club dan cart racing dimana Jacob lebih unggul di skill combat dan ecosystem.

Perang Antar Geng

Selama era revolusi industri di Inggris, aktivitas geng begitu terasa di sekitar London. Geng tersebut bernama Blighters yang langsung dibawahi oleh para Templar di Inggris dan semua kebutuhan gang di pasok oleh para Templar untuk mengontrol semua kegiatan industri. Sistem monopoli ini membuat Frye bersaudara membentuk sebuah gang bernama Rooks Geng yang memiliki misi untuk menaklukkan dan membebaskan kota London dari ikatan para Templar.


Dalam game ini pemain diharuskan untuk menaklukkan sebuah wilayah terlebih dahulu sebelum melakukan misi utama, sebab kedapannya akan sangat mempermudah pemain dalam menjalankan misi utama karena di dalam misi utama terkadang pemain memerlukan anggota geng yang bisa direkrut untuk menjalakan misi secara masal.

Pemain juga bisa rnemperkuat geng dengan melakukan Gang Upgrades. Dengan Gang Upgrade, pemain bisa mandapatkan sumber daya lebih untuk melakukan upgrade kedepannya, mendapatkan harga yang lebih murah, sampai pemain dapat memperoleh blackmarket sendiri untuk menambah pemasukan uang.

Graphic

Ubisoft benar-benar meningkatkan graphic-nya, terutama pada sistem pencahayan yang benar-benar spektakuler. Pembiasan cahaya yang diberikan oleh Ubisoft sangat detail, tidak heran bila menjalankan game ini di Playstation 4, memerlukan kapasilas sebanyak 43Gb. Angka yang sangat menakjubkan untuk memberikan graphic maksimal.


Graphic penampakan air pun tidak usah dipertanyakan lagi, karena Ubisoft sudah pernah membuat badai dan lautan yang terlihat hidup di Assassins Creed Black Flag. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitas graphic air di Assassins Creed Syndicate.

Kesimpulan

Assassin's Creed Syndicate menawarkan pengalaman bermain yang berbeda dari beberapa seri Assassin's Creed sebelumnya. Banyak sistem yang diubah, diantaranya sistem skill point yang sekarang jauh dibuat lebih mudah dibandingkan Assassin's Creed Unity. Pada Assassin's Creed Syndicate, pemain cukup mengumpulkan 1000 exp untuk mendapatkan 1 skill point dan begitu seterusnya. Sedangkan pada Assassins Creed Unily, pernain harus menyelesaikan misi utama untuk mendapatkan skill point dan pemain tidak bisa hanya mengandalkan misi utama untuk mendaptkan skill point. Pemain juga harus bermain bersarna pemain lain untuk menyelesaikan online mission yang berhadiah skill point.


Kami menyambut baik sistem skill point yang baru ini, sebab skill lockpick merupakan skill yang pertama di incar di setiap seri Assassin's Creed. Pada saat bermain Assassin's Creed Unity untuk bisa membuka skill lockpick level 3, kami harus menamatkan terlebih dahulu sequence 9 dan hal tersebut sudah akan berada di akhir cerita sehingga sangat merepotkan. Bandingkan dengan Assassins Creed Syndicate, skill lockpick level terakhir bisa didapatkan di sequence 3 berkat sistem skill yang baru.


Kami juga sedikit kecewa dengan Assassin's Creed Syndicate karena ditiadakannya Online mission. Sebab, kami sangat menikmati fitur tersebut di Assassin’s Creed Unity. Tetapi secara keseluruhan Assassin's Creed Syndicate memberikan story yang lebih baik dari Assassins Creed Unity dan nuansa pra modern nya benar-benar terasa. Sejauh ini  kami sudah bermain sekitar 26 jam dan masih belum menguasai map London, karena banyaknya sub mission dan event mission yang diberikan serta misi utama yang masih tersisa. Kemungkinan Assassin’s Creed Syndicate rnenghabiskan waktu sekitar 65-70 jam bila kita menamatkan dengan singkronisasi 100%, yakni mendapatkan semua item seperti helix, illustration, beer bottle, secret of london, dan pressed flower.


Sumber: CHIP Magazine

0 Response to Assassins Creed Syndicate (PS4, XBOX ONE, PC)

Posting Komentar