Mengecewakan, Polisi Lampung Timur Larang Takbir Keliling Demi Keamanan Katanya


POSMETRO INFO - Masyarakat Kabupaten Lampung Timur berharap pihak kepolisian tidak melarang takbir keliling yang biasanya digelar setiap malam takbiran menjelang Lebaran. Polisi sudah membuat surat edaran mengenai pelarangan tersebut.

"Menginstruksikan dari hasil rapat dengan semua instansi terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta menjaga keselamatan warga, sehingga disepakati untuk tidak melaksanakan takbir keliling," ujar Kapolres Lampung Timur AKBP Harseno dilansir dari Antara, Senin (27/6). 

Dia menjelaskan, pelarangan tersebut juga demi menghindari terjadi kecelakaan lalu lintas, mengingat pelaksanaan takbir keliling juga tidak bisa dipastikan berlangsung tertib dan aman.

Menurut dia, masyarakat diimbau untuk tidak menggelar takbir keliling, dan demi kekhusyukan umat Islam setempat diimbau untuk menggelar takbir di masjid atau musala. "Imbauan tersebut berlaku di semua wilayah Kabupaten Lampung Timur," tuturnya.

Akmal Fathoni, anggota DPRD Lampung Timur menyayangkan adanya surat edaran dari Polres Lampung Timur. Menurut dia, takbir keliling merupakan ungkapan kebahagiaan warga untuk merayakan kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan penuh.

"Kegiatan takbir keliling ini juga sudah menjadi tradisi sehingga kami berharap kepolisian tidak melarang warga menggelar takbir keliling tersebut," ujar dia lagi.

Mustajab, ketua panitia takbir keliling di Desa Karyatani, Kecamatan Labuhan Maringgai mengaku kecewa atas pelarangan takbir keliling tersebut. "Yang jelas kami kecewa, kenapa harus dilarang padahal biasanya tidak dilarang," katanya pula.

Menurutnya, warga di desanya sudah mempersiapkan diri akan menggelar takbir keliling pada malam Lebaran nanti.

"Kami sudah mempersiapkan semuanya, dan takbir keliling ini juga akan kami lombakan di desa kami. Tapi kami menerima surat edaran dari Polres yang isinya pelarangan takbir keliling tersebut," ujarnya lagi.

Dia menyatakan, selama ini takbir keliling yang digelar warga di desanya selalu berjalan tertib.

Karena itu, dia berharap pihak kepolisian tidak melarang takbir keliling yang akan diadakan pada malam Lebaran tahun ini. (ma)

0 Response to Mengecewakan, Polisi Lampung Timur Larang Takbir Keliling Demi Keamanan Katanya

Posting Komentar